TUJUAN

  1. Terwujudnya tatakelola yang baik, sebagai landasan operasional dalam penyelenggaraan proses akademis program studi.
  2. Menghasilkan lulusan yang berahlak karimah, berjiwa entrepreneurship, dengan kompetensi tinggi dan mampu memenuhi kebutuhan tenaga kerja baik lokal, regional, maupun internasional.
  3. Terwujudnya jumlah dan mutu penelitian, yang mampu mengintegrasikan disiplin ilmu informatika dengan berbagai disiplin ilmu lainnya, yang mampu dimanfaatkan untuk memberdayakan masyarakat.
  4. Terselenggarana pengabdian kepada masyarakat, untuk menyebarluaskan pengetahuan dan teknologi bidang informatika, guna mengembangkan potensi dan daya saing masyarakat yang berakar pada nilai Islami

SASARAN

Keberadaan jurusan Teknik Informatika di lingkungan UIN SGD Bandung berbeda dengan jurusan Teknik Informatika yang berada di institusi pendidikan tinggi umum. Selain fungsi utama untuk mengembangkan bidang ilmu informatika, diperlukan kesinergian antara bidang ilmu tersebut dengan ilmu-ilmu keislaman, sehingga konsep wahyu memandu ilmu benar-benar terasa dalam nuansa akademik pada jurusan Teknik Informatika UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pengembangan ilmu menggunakan pondasi ketauhidan, menjadikan ayat-ayat qur’aniyah dan ayat-ayat kauniyah sebagai sumber ilmu yang berasal dari Allah sebagai sumber kebenaran sejati, menggunakan ilmu informatika untuk mengkaji Islam (Islam sebagai objek) dan berperan sebagai agen penggerak islamisasi sains dan teknologi sebagai konsekuensi dari langkah pengintegrasian pengetahuan ilmu sains dan teknologi dengan pengetahuan wahyu melalui penemuan-penemuan ilmiah.

Untuk menjalankan tugas dan fungsi serta melaksanakan kebijakannya, Jurusan Teknik Informatika menetapkan sasaran dan strategi pencapaian dirumuskan sebagai berikut:

Pengembangan kapasitas PS Teknik Informatika (2006-2010):

Pengembangan program studi difokuskan pada peningkatan pendidikan dan penelitian tenaga pengajar agar dapat menyelenggarakan proses belajar mengajar (PBM) dengan baik. Penambahan sarana dan prasarana untuk menunjang PBM  berupa sarana dan prasarana perkuliahan serta peralatan laboratorium, dengan rincian sebagai berikut:

    1. Peninjauan dan penyusunan kembali kurikulumprogram studi Teknik Informatika denganmengedepankan pada pendekatan inter dan multi–disipliner (keagamaan, kewirausahaan, perindustrian dan kependidikan), dengan memusatkan perhatian pada isu-isu sentral, baik yang berskala nasional sekaligus akan terus dilakukan penyesuaian dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi terkini
    2. Menginventarisir kebutuhan sarana dan prasaranauntuk menunjang kebutuhan penyelenggaraan PBM PS Teknik Informatika. Kebutuhan ini, disampaikan kepada dekanat dan diteruskan ke rektorat untuk menjadi dasar pertimbangan pemenuhan kebutuhan program studi oleh dekanat dan rektorat.

 Peningkatan kualitas dan efisiensi kegiatan akademik (2010-2014):

Pengembangan program studi difokuskan pada peningkatan pelaksanaan PBM yang berkualitas dan efisien serta pemanfaatan sumber daya secara hemat dan bertanggungjawab, diantaranya:

Bidang Pendidikan

      • Meningkatkan mutu akademik sesuai dengan baku mutu akademik nasional.
      • Meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia, baik tenaga akademik maupun tenaga pendukung.
      • Menciptakan suasana akademik yang kondusif.
      • Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendukung proses pembelajaran.
      • Meningkatkan secara berkesinambungan sistem pengelolaan institusi
      • Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan kemahasiswaan.
      • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan civitas akademika Program Studi Teknik Informatika untuk mendukung pelaksanaan dan pengembangan pembelajaran. Salah satunya dengan cara melakukan Seleksi penerimaan mahasiswa baru dilakukan secara lebih komprehensif untuk memperoleh input mahasiswa yang memiliki latar belakang, bakat dan minat yang relevan dengan bidang keinformatikaan.

Bidang Penelitian

      • Memberdayakan peran lembaga penelitian dan pusat kajian.
      • Meningkatkan kerjasama dengan lembaga penelitian di berbagai institusi, baik institusi pendidikan maupun non-pendidikan secara nasional
      • Menyelenggarakan program penelitian inovatif dan produktif.
      • Meningkatkan jumlah dan kualitas publikasi nasional

Bidang Pengabdian kepada masyarakat

      • Meningkatkan link and match dengan dunia Informatika, melalui program magang, pelatihan dan sertifikasi profesi secara nasional
      • Meningkatkan kegiatan transfer teknologi untuk kepentingan masyarakat terutama disekitar lingkungan kampus dan cakupan nasional.

 

Peningkatan efisiensi eksternal (2014-2018):

Pengembangan program studi difokuskan pada pemanfaatan kapabilitas sumber daya untuk menghasilkan produk-produk ilmiah yang terarah dan terpadu. Peningkatan kerjasama strategis dengan institusi lain (misalnya Perusahaan, Perguruan Tinggi, Pemerintah Daerah) untuk peningkatan kualitas  penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat; serta peningkatan kualitas lulusan sehingga mampu bersaing di pasar kerja nasional. Beberapa hal yang dilakukan diantaranya adalah

    1. Program studi Teknik Informatika sebagai institusi ilmiah, menekankan pada transparansi, dinamisasi dan pengembangan jaringan kerjasama dengan berbagai pihak di dalam dan di luar negeri yang relevan dengan bidang keinformatikaan sekaligus bidang keagamaan sehingga terwujud SDM Program Studi Teknik Informatika yang memiliki intelektualitas yang terintegrasi dengan akhlak islami
    2. Mengoptimalkan berbagai sarana yang memadai, diantaranya adalah pemanfaatan laboratorium dalam kegiatan pendidikan, penelitian kepakaran, serta pengabdian masyarakat yang melibatkan seluruh civitas akademika program studi Teknik Informatika.
    3. Meningkatkan kualitas penjamian mutu internal, sehingga dapat mencapai standar penjaminan mutu eksternal.

 

Back to Top