Knowledge Management Sharing Sebagai Alat Bantu Pendidikan di Indonesia

Ilmu pengetahuan (Knowledge) merupakan kunci sukses dalam semua aspek diberbagai bidang. Seiring dengan perkembangan dunia saat ini, dimana globalisasi menjadi sebuah tantangan bagi sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk menghadapi persaingan global. Ilmu pengetahuan menjadi harga mutlak yang harus dimiliki. Dan dalam hal ini, dunia Pendidikan memiliki peranan penting sebagai media untuk membangun SDM yang berkualitas, serta merupakan media untuk menuntut ilmu bagi setiap aktor di dalamnya . Dengan berkembangnya teknologi informasi, muncul beberapa sistem baru di berbagai bidang termasuk dalam dunia pendidikan yang dikenal dengan e-learning. Knowledge management (KM) merupakan salah satu implementasi dari e-learning. Di dalamnya, konsep ini mengumpulkan semua unsur pengetahuan yang tersebar dalam berbagai bentuk baik yang mudah dikelola karena berbentuk file atau dokumen, maupun yang sulit diakses karena berupa pengetahuan dan pengalaman.

Knowledge management sharing

Sebenarnya KM sendiri bukan sesuatu yang baru. Di banyak negara maju, konsep ini telah banyak digunakan oleh instansi-instansi sebagai upaya untuk transfer ilmu pengetahuan pada komunitas di dalamnya agar lebih unggul di suatu persaingan.

Dalam tulisan ini, saya mencoba menawarkan konsep KMS (knowledge management sharing) sebagai alat bantu untuk pendidikan di Indonesia dengan mengumpulkan serta mengelola semua unsur ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan yang terkumpul kemudian di-share kepada masyarakat luas dengan menggunakan infrastruktur teknologi informasi, sehingga sebagai alat bantu pendidikan dapat membantu terbentuknya SDM yang baik, berkualitas, dan mampu bersaing. Selain sebagai media untuk berbagi ilmu, KMS yang saya tawarkan merupakan social networking dengan konsep knowledge mangement yang dapat mempasilitasi knowledge sharing secara realtime.

Fungsi Knowledge Management Sharing sebagai alat bantu pendidikan

Knowledge Management Sharing sebagai alat bantu pendidikan di Indonesia mempunyai fungsi sebagai berikut:

  1. Knowledge Management Sharing sebagai sarana pendidikan merupakan tempat belajar.
  2. Knowledge Management Sharing sebagai tempat layanan informasi ilmu pengetahuan.
  3. Knowledge Management Sharing sebagai tempat berbagi ilmu, pengalaman serta informasi dalam berbagai bentuk.
  4. Knowledge Management Sharing sebagai social networking bagi komunitas yang berbasis keilmuan.

Dari penjelasan di atas, Pemikiran selanjutnya adalah bagaimana membangun aplikasi dari knowledge management sharing yang saya tawarkan diatas?. Sebenarnya saya sendiri sedang mengembangkan aplikasi knowledge management sharing ini. Dengan beberapa masukan dari teman-teman saya seperti pembimbing saya mencoba membangun sistem knowledge management yang di kembangkan menjadi sebuah social networking.

Semoga ketika diterapkannya knowledge management sharing ini dapat membantu membentuk SDM Indonesia yang dapat bersaing karena memiliki pengetahuan lebih, sebagai alat bantu pendidikan, serta menjadi salah satu pondasi dalam pembangunan bangsa. Dan tolong di ingat, masa depan Indonesia adalah tanggung jawab kita, dari kita, dan oleh kita.

Author : Rian Andrian, ST.

Pembimbing : Cecep Nurul Alam, ST., MT.

Posted by:

admin
Administrasi Jurusan Informatika UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Related articles

Back to Top