Kerjasama IF UIN Bandung dengan Oracle Academy Indonesia

2015-04-10 16.17.51

Jumat 10 April 2015, Ketua Jurusan teknik informatika UIN Bandung Bapak H. Cecep Nurul Alam, MT. didampingi oleh Sekretaris Jurusan dan beberapa orang staff mendapat kunjungan dari Ibu Nurul Huda sebagai Program Coordinator  Oracle Academy Indonesia. Kunjungan tersebut bertujuan sebagai tindak lanjut dari pengajuan kerjasama yang diajukan oleh Jurusan Teknik Informatika kepada Oracle Academy beberapa waktu yang lalu.

Oracle Academy merupakan sebuah program pelatihan yang membantu para pelajar dan mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan bisnis, teknologi dan mempersiapkan mereka dalam hal karir di bidang TI. Selain itu Oracle Academy juga memberikan pelatihan berkelas internasional bagi guru SMU ata SMK dan dosen Politeknik atau Universitas dengan menghadirkan software, kurikulum dan sertifikasi internasional. Saat ini terdapat 331 SMA/SMK dan Universitas diseluruh Indonesia dan 9 diantaranya ada di Jawa barat telah terdaftar sebagai member Oracle Academy (https://academy.oracle.com).

Pada pertemuan yang berlangsung sekitar 2 jam, kedua belah pihak bersepakat untuk menjalin kerjasama dalam hal pelatihan bagi dosen dan mahasiswa.  Setelah pertemuan ini, UIN Sunan Gunung Djati Bandung (khususnya Jurusan Teknik Informatika) akan di proses menjadi member dari Oracle Academy.

Langkah berikutnya dari kerjasama ini yaitu Jurusan Teknik Informatika akan mengirimkan 3 orang dosennya ke Oracle Academy untuk mengikuti pelatihan dan sertifikasi Pemrograman Java dan Database Oracle selama 5 hari. Dosen yang berhasil lulus dari pelatihan dan berhasil mendapatkan sertifikat berhak menggunakan fasilitas dari Oracle Academy (oracle iLearning dan kurikulum pembelajaran) untuk mengajarkan kembali kepada mahasiswa.

2015-04-10 15.39.40

2015-04-10 15.39.53

Selain itu mahasiswa pun akan mendapatkan keuntungan dalam kerjasama ini. Mahasiswa akan mendapatkan sertifikat dari oracle Academy apabila telah mengambil dan atau lulus mata kuliah pemrograman java dan database. Sertifikat tersebut dapat digunakan untuk mengisi portofolio mahasiswa atau digunakan untuk mengikuti Sertifikasi Oracle Profesional (Oracle Certified Associate -OCA-).

Dengan terjalinya kerjasama ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas dari Dosen, Mahasiswa dan lulusan Teknik Informatika UIN Bandung dalam menghadapi persaingan global yang sedang kita hadapi bersama.

Posted by:

admin
Administrasi Jurusan Informatika UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Related articles

Back to Top