Jurusan Informatika menjadi Tuan Rumah Munas FKMTIF PTAI Se-Indonesia

Mahasiswa Teknik Infomatika kembali mengadakan Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Informatika (FKMTIF) Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) Se-Indonesia 2017 yang sebelumnya bernama FKMTIF Universitas Islam Negeri (UIN) Se-Indonesia. Tuan rumah FKMTIF PTAI Se-Indonesia adalah UIN Sunan Gunung Djati, Bandung. Alasan perubahan nama ini adalah supaya cakupan universitas yang bergabung dalam FKMTIF lebih besar. Forum ini bertujuan untuk menyatukan mahasiswa Teknik Informatika di bawah Kementerian Agama Republik Indonesia.

Sebanyak enam UIN se-Indonesia mengikuti FKMTIF PTAI Se-Indonesia yang berasal dari Riau, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, dan Makassar. Selama empat hari, mulai dari 29 November hingga 2 Desember sebanyak lima delegasi dari Teknik Informatika UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) mengikuti rentetan kegiatan dari awal. Adapun mahasiswa UIN Suska yang mengikuti kegiatan ini adalah Revyca Yolivia, Ali Umar, Rahmat Yasmin, M. Reiza Novianda, Mazaya Rizda, dan Puspita Sari.

Mulai dari hari pertama, dilaksanakan pembukaan acara dan seminar dengan topik peran media sosial dalam dunia teknologi informasi. Kemudian dilanjutkan dengan kompetisi software development. Dalam kompetisi ini, UIN Suska mendapatkan juara III setelah UIN Bandung dan Malang. Pada hari selanjutnya, delegasi mengunjungi Museum Konferensi Asia-Afrika, Alun-alun kota Bandung, dan Museum Geologi.

Pada hari ketiga dan terakhir dilaksanakan Musyawarah Nasional (Munas). Salah satu hasil dalam munas tersebut adalah pelaksanaan FKMTIF selanjutnya yang sebagai tuan rumah adalah UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Kemudain, pengurus FKMTIF akan melakukan pengurusan legalitas forum supaya pengurusan dalam surat-menyurat lebih lancar. Selanjutnya, kompetisi software development yang cakupannya lebih besar.

Sumber:

  1. Arsip Jurusan Teknik Informatika UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  2. https://fst.uin-suska.ac.id/2017/12/05/fkmtif-ajang-eksistensi-mahasiswa-teknik-informatika-ptai-se-indonesia

Posted by:

admin
Administrasi Jurusan Informatika UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Related articles

Back to Top