Dosen Informatika Menghadiri Rakornas APTIKOM 2019

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mengadakan Rapat Koordinasi Nasional Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer 2019 (Rakornas Aptikom 2019) pada 24 – 27 Oktober 2019, di Patra Convention Hotel, Semarang, Jawa Tengah. Acara ini dihadiri kurang lebih 300 perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri dari seluruh Indonesia, yang memiliki program studi komputasi.

Mengusung tema “Memperkuat Masyarakat Ekonomi Melalui Inovasi Industri Kreatif Di Era Revolusi Industri 4.0”, Aptikom bertujuan untuk terus mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang melek digital untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

Prof Dr Ir Edi Noersasongko, MKom, Rektor Universitas Dian Nuswantoro berharap, Rakornas Aptikom tahun ini akan menghasilkan ide-ide dan inovasi baru untuk perguruan tinggi di Indonesia khususnya yang berbasis komputer.

“Udinus akan menjadi host yang koorperatif agar Rakornas berjalan lancar dan menghasilkan ide-ide cerdas untuk perkembangan pendidikan tinggi berbasis komputer d iseluruh Indonesia” katanya.

Selama acara terdapat sesi Industry/Government Sharing, yang disampaikan oleh antara lain, Blockchain Education EMURGO Shunsuke Murasaki (CEO of EMURGO Indonesia), Alvin Pryana ( Principal Solution Consultant) dan Gumilar Sentosa (Autonomous Database Specialist) dari Oracle Indonesia, dengan materi “Achieving the Vision of Industry 4.0 with Oracle Autonomous Cloud”, dan yang ketiga, disampaikan oleh perwakilan Grab Indonesia yang juga melakukan Launching Personal Mobility Device-Grab Indonesia dengan Udinus.

Ketua Umum Aptikom, Prof Zainal A Hasibuan Ph D mengatakan, kurikulum era industri 4.0 harus tata ulang, mengingat revolusi industri sudah memasuki babak baru dari industri 3.0 ke 4.0, yang semuanya serba digital.

“Perubahan kurikulumnya antara lain, pengembangan sentra riset dan development, peningkatan kualitas perguruan tinggi, pengembangan inkubasi bisnis start up, serta pengembangan blockchain initiatives untuk kampus digital,” ujarnya.
Salah satu agenda Aptikom 2019 adalah Seminar Nasional Teknologi Informasi dan
Komunikasi (Semnastik) yang diselenggarakan Jumat, 25 Oktober 2019, di Hotel
Patrajasa, Semarang, bertema “Mewujudkan Masyarakat Ekonomi Digital yang Berdaulat di Era Revolusi Industri 4.0”.

Kegiatan ilmiah ini ditujukan sebagai sarana bagi peneliti, akademisi, dan praktisi untuk berbagi serta mempublikasikan karya tulis hasil-hasil penelitian, ide dan konsep tentang pengembangan ilmu komputer dan teknologi informasi.

Topik yang ditentukan berfokus pada Kearifan Lokal Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi pada bidang Computer Science and Information Technology, Electrical and Electronic Technology, dan E-computing Technologies. Selain Semnastik juga terdapat beberapa agenda lainnya yaitu, International Conference on Informatics and Computing (ICIC), Higher Education Sharingof Best Practice, Industrial Sharing of Technology, Higher Education Clinics, dan ditutup dengan city tour.

Sumber:
https://www.suara.com/yoursay/2019/10/25/151024/rakornas-aptikom-2019-ajak-akademisi-tingkatkan-inovasi-industri-kreatif

Galeri Rakornas

Posted by:

admin
Administrasi Jurusan Informatika UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Related articles

Back to Top